TUGAS PTSC 3.4
3.4 Arsitektur Sistem Pakar
AKUISISI PENGETAHUAN
BASIS PENGETAHUAN
A. MESIN INTRUKSI
B. BLACKBOARD
C. ANTAR MUKA PEMAKAI
D. FASILITAS PENJELASAN
E. FASlITAS PERBAIKAN PENGETAHUAN
METODE INFERESI DALAM SISTEM PAKAR
TAHAPAN – TAHAPAN PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR
Menurut Turban dan
Aronson,1998. berikut ini struktur dari sistem pakar :
struktur dari sistem pakar
AKUISISI PENGETAHUAN
Akuisisi Pengetahuan merupakan
akumulasi, transfer, dan transformasi kepakaran. Pemecahan persoalan dari
sumber pengetahuan ke perangkat lunak untuk membuat atau mengembangkan basis
pengetahuan pengetahuan dasar tentang domain meliputi istilah dan konsep dasar.
BASIS PENGETAHUAN
Basis pengetahuan mengandung pengetahuan
yang diperlukan untuk memahami, memformulasi dan menyelesaikan masalah. Basis
pengetahuan pemecahan masalah dalam domain tertentu dan fakta-fakta tentang
masalah. Ada 2 bentuk pendekatan basis pengetahuan yang sangat umum digunakan,
yaitu :
1. Penalaran berbasis aturan (Rule-Based-Reasoning)
Pengetahuan direpresentasikan dengan
menggunakan aturan berbentuk IF – THEN. Bentuk ini digunakan
apabila ada sejumlah pengetahuan pakar pada suatu permasalahan
tertentu dan pakar dapat menyelesaikan masalah tersebut secara
berurutan.
2. Penalaran berbasis kasus (Case-Based-Reasoning)
Basis pengetahuan akan berisi
solusi-solusi yang telah dicapai sebelumnya, kemudian akan
diturunkan suatu solusi untuk keadaan yang terjadi
sekarang (fakta yang ada). Bentuk ini digunakan apabila user
men ginginkan untuk tahu lebih banyak lagi pada kasus-kasus
yang hampir sama.
A. MESIN INTRUKSI
Mesin inferensi berfungsi à untuk
melakukan penelusuran pengetahuan yang terdapat dalam basis pengetahuan untuk
mencapai kesimpulan tertentu. Ada 3 elemen utama dalam mesin inferensi, yaitu :
1. Interpreter = Mengeksekusi
item-item agenda yang terpilih dengan menggunakan aturan-aturan dalam
basis pengetahuan yang sesuai
2. Scheduler = Akan
mengontrol agenda
3. Consistency enforce = Bertujuan
memelihara konsistensi dalam mempresentasikan solusi yang bersifat
darurat
B. BLACKBOARD
area memori kerja yang digunakan untuk
menggambarkan masalah dan mencatat hasil sementara sebelum mendapat solusi
akhir. Tiga tipe keputusan yang dapat disimpan pada blackboard adalah
rencana, agenda, dan solusi
C. ANTAR MUKA PEMAKAI
Antarmuka pemakai digunakan untuk
mempermudah komunikasi antar pemakai dengan sistem. Pada antarmuka ini perlu
dianalisa teknik dialog apa saja yang digunakan untuk aplikasi SP yang
disesuaikan dengan konsep-konsep dalam Interaksi Manusia dan Komputer.
D. FASILITAS PENJELASAN
membantu perekayasaan pengetahuan untuk
memperbaiki dan meningkatkan pengetahuam memberi kejelasan dan keyakinan kepada
pemakai tentang proses atau hasil yang diberikan sistem pakar. Fungsi dari
fasilitas penjelasnya yaitu untuk melacak respondan memberikan penjelasan
trentang kelakuan sistem pakar secara interaktif melalui pertanyaan :
– Mengapa suatu pertanyaan ditanyakan oleh
sistem pakar
– Bagaimana konklusi dicapai
– Mengapa ada alternatif yang dibatalkan
– Rencana apa yang akan digunakan untuk
mencapai suatu solusi
E. FASlITAS PERBAIKAN PENGETAHUAN
Pakar manusia dapat menganalisa
perfomansinya sendiri, belajar darinya, dan meningkatkannya untuk konsultasi
berikut. Adanya evaluasi dengan sistem pakar ini akan mengakibatkan basis
pengetahuan yang lebih baik serta penalaran yang lebih efektif.
METODE INFERESI DALAM SISTEM PAKAR
Ada dua metode umum penalaran dalam
Sistem Pakar, yaitu :
1. Backward
Chaining
suatu penalaran, dimana konklusi
yang didapat berkebalikan dengan hypothesis, potensial konklusinya
mungkin akan terjadi atau terbukti, karena adanya facta yang
mendukung akan hypothrsis tersebut (Giarratano and Riley, 2004).
Berikut ini grapt pelacakan dari
Backward Chaining :
2. Forward Chaining
suatu penalaran yang dimulai dari
facta untuk mendapatkan kesimpulan (conclusion) dari facta tersebut
(Giarratano and Riley, 2004).
Berikut ini grapt pelacakan dari Forward Chaining:
TAHAPAN – TAHAPAN PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR
Referensi :
matkul.xyz/pengertian-konsep-dan-implementasi-sistem-pakar/
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2018/04/pengertian-sistem-pakar-tujuan-struktur.html
matkul.xyz/pengertian-konsep-dan-implementasi-sistem-pakar/
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2018/04/pengertian-sistem-pakar-tujuan-struktur.html
Komentar
Posting Komentar