TUGAS PTSC 3.4

3.4 Arsitektur Sistem Pakar

Menurut Turban dan Aronson,1998. berikut ini struktur dari sistem pakar :
struktur dari sistem pakar 


AKUISISI PENGETAHUAN

Akuisisi Pengetahuan merupakan akumulasi, transfer, dan transformasi kepakaran. Pemecahan persoalan dari sumber pengetahuan ke perangkat lunak untuk membuat atau mengembangkan basis pengetahuan pengetahuan dasar tentang domain meliputi istilah dan konsep dasar.

BASIS PENGETAHUAN

Basis pengetahuan mengandung pengetahuan yang diperlukan untuk memahami, memformulasi dan menyelesaikan masalah. Basis pengetahuan pemecahan masalah dalam domain tertentu dan fakta-fakta tentang masalah. Ada 2 bentuk pendekatan basis pengetahuan yang sangat umum digunakan, yaitu :
1. Penalaran berbasis aturan (Rule-Based-Reasoning)
Pengetahuan direpresentasikan dengan menggunakan   aturan berbentuk IF – THEN. Bentuk ini digunakan   apabila ada sejumlah pengetahuan pakar pada suatu   permasalahan tertentu dan pakar dapat menyelesaikan   masalah tersebut secara berurutan.
2. Penalaran berbasis kasus (Case-Based-Reasoning)
Basis pengetahuan akan berisi solusi-solusi   yang   telah dicapai sebelumnya, kemudian   akan   diturunkan suatu solusi untuk keadaan   yang   terjadi sekarang (fakta yang ada).  Bentuk ini   digunakan apabila user men  ginginkan untuk tahu   lebih banyak lagi pada   kasus-kasus yang   hampir sama.

A. MESIN INTRUKSI

Mesin inferensi berfungsi à untuk melakukan penelusuran pengetahuan yang terdapat dalam basis pengetahuan untuk mencapai kesimpulan tertentu. Ada 3 elemen utama dalam mesin inferensi, yaitu :
1. Interpreter = Mengeksekusi item-item agenda yang   terpilih dengan menggunakan aturan-aturan dalam   basis pengetahuan yang sesuai
2. Scheduler = Akan mengontrol agenda
3. Consistency enforce = Bertujuan memelihara konsistensi   dalam mempresentasikan solusi yang bersifat darurat

B. BLACKBOARD

area memori kerja yang digunakan untuk menggambarkan masalah dan mencatat hasil sementara sebelum mendapat solusi akhir. Tiga tipe keputusan yang dapat disimpan pada blackboard adalah rencana, agenda, dan solusi

C. ANTAR MUKA PEMAKAI

Antarmuka pemakai digunakan untuk mempermudah komunikasi antar pemakai dengan sistem. Pada antarmuka ini perlu dianalisa teknik dialog apa saja yang digunakan untuk aplikasi SP yang disesuaikan dengan konsep-konsep dalam Interaksi Manusia dan Komputer.

D. FASILITAS PENJELASAN

membantu perekayasaan pengetahuan untuk memperbaiki dan meningkatkan pengetahuam memberi kejelasan dan keyakinan kepada pemakai tentang proses atau hasil yang diberikan sistem pakar. Fungsi dari fasilitas penjelasnya yaitu  untuk melacak respondan memberikan penjelasan trentang kelakuan sistem pakar secara interaktif melalui pertanyaan :
– Mengapa suatu pertanyaan ditanyakan oleh sistem pakar
– Bagaimana konklusi dicapai
– Mengapa ada alternatif yang dibatalkan
– Rencana apa yang akan digunakan untuk mencapai suatu solusi

E. FASlITAS PERBAIKAN PENGETAHUAN

Pakar manusia dapat menganalisa perfomansinya sendiri, belajar darinya, dan meningkatkannya untuk konsultasi berikut. Adanya evaluasi dengan sistem pakar ini akan mengakibatkan basis pengetahuan yang lebih baik serta penalaran yang lebih efektif.

METODE INFERESI DALAM SISTEM PAKAR

Ada dua metode umum penalaran dalam Sistem Pakar, yaitu :
  1. Backward Chaining
suatu penalaran, dimana   konklusi yang didapat berkebalikan dengan   hypothesis, potensial konklusinya mungkin   akan terjadi atau terbukti, karena adanya facta   yang mendukung akan hypothrsis tersebut   (Giarratano and Riley, 2004).
Berikut ini grapt pelacakan dari Backward Chaining :
  2. Forward Chaining
suatu penalaran yang   dimulai dari facta untuk mendapatkan   kesimpulan (conclusion) dari facta tersebut   (Giarratano and Riley, 2004).
Berikut ini grapt pelacakan dari Forward Chaining:

TAHAPAN – TAHAPAN PENGEMBANGAN SISTEM PAKAR








Referensi :
matkul.xyz/pengertian-konsep-dan-implementasi-sistem-pakar/
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2018/04/pengertian-sistem-pakar-tujuan-struktur.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK KE - 2

TUGAS MANAJEMEN LAYANAN SI 2.1

TUGAS ISD 10 : PRASANGKA, DISKRIMINASI & ETNOSENTRISME