TUGAS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK KE - 1
Pemrograman Berorientasi Objek
Nama: Fachrul Achyar
Kelas : 3KA20
NPM : 17117246
Mhs merujuk ke objek yang bernama mahasiswa.
Property/atribut
Tugas PBO1:
// file mahasiswa.java
Kelas : 3KA20
NPM : 17117246
OOP (Object Oriented Programming) atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan pemrograman
berorientasikan objek (PBO) merupakan sebuah paradigma atau teknik pemrograman
yang berorientesikan Objek.
Pemrograman
berbasis objek tidak
hanya berisi ‘object’. Pada OOP, Fungsi danvariabel dibungkus dalam sebuah objek atau class yang dapat
saling brinteraksi, sehingga membentuk sebuah program.
Objek dan Class
Class adalah ‘cetak
biru’ atau ‘blueprint’ dari object. Class digunakan hanya
untuk membuat kerangka dasar. Yang akan kita pakai nantinya adalah hasil
cetakan dari class, yakni object.
Sebagai
analogi, class bisa diibaratkan dengan laptop atau notebook.
Kita tahu bahwa laptop memiliki ciri-ciri seperti merk,
memiliki keyboard,memiliki processor,
dan beberapa ciri khas lain yang menyatakan sebuah benda tersebut adalah laptop.
Selain memiliki ciri-ciri, sebuah laptop juga bisa dikenakan tindakan,
seperti: menghidupkan laptop atau mematikan laptop.
Object atau Objek adalah hasil cetak dari class,
atau hasil ‘konkrit’ dari class.
Jika menggunakan analogi class laptop,
maka objek dari classlaptop bisa berupa: laptop_andi,Objek
dari class laptop akan
memiliki seluruh ciri-ciri laptop,
yaitu property dan method-nya.
Contoh objek : mahasiswa mhs;
mhs = new mahasiswa(17117246,"Akagami");
mhs = new mahasiswa(17117246,"Akagami");
Mhs merujuk ke objek yang bernama mahasiswa.
Property/atribut
Property (atau
disebut juga dengan atribut) adalah
data yang terdapat dalam sebuah class.
Melanjutkan analogi tentang laptop,
property dari laptop bisa berupa merk, warna, jenis processor,
ukuran layar, dan lain-lain.
Contoh atribut : int
npm;
String nama;
double absen,UTS,UAS,tugas;
String nama;
double absen,UTS,UAS,tugas;
Metode /method
Metode /method adalah sebuah
fungsi (subProgram ) yang melekat pada sebuah objek atau instan kelas. Atau
kita mengenal dengan nama fungsi atau prosedur
Method adalah tindakan yang bisa dilakukan di dalam class. Jika
menggunakan analogi class
laptop kita, maka contoh method adalah: menghidupkan laptop, mematikan laptop, mengganti cover laptop,
dan berbagai tindakan lain.
Method pada dasarnya
adalah function yang
berada di dalam class.
Seluruh fungsi dan sifat function bisa diterapkan ke dalam method, seperti
argumen/parameter, mengembalikan nilai (dengan keyword return), dan
lain-lain.
Contoh pada program mahasiswa.java
public void set_nilai(double nilai_1, double nilai_2,double
nilai_3,double nilai_4)
{
absen=nilai_1;
tugas=nilai_2;
UTS=nilai_3;
UAS=nilai_4;
System.out.println ("Nilai sudah diatur");
}
public double hitung_nilai()
{
double nilai = 0.1 * absen + 0.2 * tugas + 0.35 * UTS + 0.35 * UAS;
return nilai;
Tugas PBO1:
PROGRAM NILAI MAHASISWA
// file mahasiswa.java
class mahasiswa
{
int npm; //field (variabel instan)
String nama;
double absen,UTS,UAS,tugas;
mahasiswa(int nomor,String nama_mhs) //konstruktor
{ //(method yg otomatis dipanggil saat object dibuat)
npm=nomor;
nama=nama_mhs;
}
public void set_nilai(double nilai_1, double nilai_2,double nilai_3,double nilai_4)
//method
{
//(fungsi/prosedur)
absen=nilai_1;
tugas=nilai_2;
UTS=nilai_3;
UAS=nilai_4;
System.out.println ("Nilai sudah diset!");
} //method
public double hitung_nilai()
{
double nilai = 0.1 * absen + 0.2 * tugas + 0.35 * UTS + 0.35 * UAS;
return nilai;
} //method
public static void main(String[] args)
{
mahasiswa mhs; // deklarasi variabel tipe class
mhs = new mahasiswa(17117245,"Akagami"); //pembuatan object mhs1
mahasiswa mhs2 = new mahasiswa(17117234,"Trafalgar");
mhs.set_nilai(79,80,67.5,89.7); //operator dot
double point1 = mhs.hitung_nilai();
System.out.println ("Nilai "+mhs.nama+" adalah "+point1);
mhs2.set_nilai(77,95,91.8,69.5);
double point2 = mhs2.hitung_nilai();
System.out.println ("Nilai "+mhs2.nama+" adalah "+point2);
}
}
OUTPUT:
Komentar
Posting Komentar