TUGAS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK KE - 1

 Pemrograman Berorientasi Objek

Nama: Fachrul Achyar
Kelas : 3KA20
NPM  : 17117246

OOP (Object Oriented Programming) atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan pemrograman berorientasikan objek (PBO) merupakan sebuah paradigma atau teknik pemrograman yang berorientesikan Objek.
Pemrograman berbasis objek tidak hanya berisi ‘object’. Pada OOP, Fungsi danvariabel dibungkus dalam sebuah objek atau class yang dapat saling brinteraksi, sehingga membentuk sebuah program.

Objek dan Class
Class adalah ‘cetak biru’ atau ‘blueprint’ dari object. Class digunakan hanya untuk membuat kerangka dasar. Yang akan kita pakai nantinya adalah hasil cetakan dari class, yakni object.
Sebagai analogi, class bisa diibaratkan dengan laptop atau notebook. Kita tahu bahwa laptop memiliki ciri-ciri seperti merk, memiliki keyboard,memiliki processor, dan beberapa ciri khas lain yang menyatakan sebuah benda tersebut adalah laptop. Selain memiliki ciri-ciri, sebuah laptop juga bisa dikenakan tindakan, seperti: menghidupkan laptop atau mematikan laptop.

Object  atau Objek adalah hasil cetak dari class, atau hasil ‘konkrit’ dari class. Jika menggunakan analogi class laptop, maka objek dari classlaptop bisa berupa: laptop_andi,Objek dari class laptop akan memiliki seluruh ciri-ciri laptop, yaitu property dan method-nya.

Contoh objek :   mahasiswa mhs;
                          mhs = new mahasiswa(17117246,"Akagami");

Mhs merujuk ke objek yang bernama mahasiswa.

Property/atribut

Property (atau disebut juga dengan atribut) adalah data yang terdapat dalam sebuah class. Melanjutkan analogi tentang laptop
property dari laptop bisa berupa merk, warna, jenis processor, ukuran layar, dan lain-lain.
Contoh atribut :    int npm; 
                           String nama; 
                           double absen,UTS,UAS,tugas;

Metode /method
Metode /method adalah sebuah fungsi (subProgram ) yang melekat pada sebuah objek atau instan kelas. Atau kita mengenal dengan nama fungsi atau prosedur
Method adalah tindakan yang bisa dilakukan di dalam class. Jika menggunakan analogi class laptop kita, maka contoh method adalah: menghidupkan laptopmematikan laptopmengganti cover laptop, dan berbagai tindakan lain.
Method pada dasarnya adalah function yang berada di dalam class. Seluruh fungsi dan sifat function bisa diterapkan ke dalam method, seperti argumen/parameter, mengembalikan nilai (dengan keyword return), dan lain-lain.
Contoh pada program mahasiswa.java

public void set_nilai(double nilai_1, double nilai_2,double nilai_3,double nilai_4)
            {                                                                                                        
                        absen=nilai_1;
                        tugas=nilai_2;
                        UTS=nilai_3;
                        UAS=nilai_4;
                        System.out.println ("Nilai sudah diatur");     
            }
            public double hitung_nilai()
            {
                        double nilai = 0.1 * absen + 0.2 * tugas + 0.35 * UTS + 0.35 * UAS;

                        return nilai;


Tugas PBO1:

PROGRAM NILAI MAHASISWA


// file mahasiswa.java

class mahasiswa
{
            int npm;                                              //field (variabel instan)
            String nama;
            double absen,UTS,UAS,tugas;
           
            mahasiswa(int nomor,String nama_mhs) //konstruktor
            {                      //(method yg otomatis dipanggil saat object dibuat)
                        npm=nomor;
                        nama=nama_mhs;
            }
           
public void set_nilai(double nilai_1, double nilai_2,double nilai_3,double nilai_4)
//method
            {                                                                                                         
 //(fungsi/prosedur)
                        absen=nilai_1;
                        tugas=nilai_2;
                        UTS=nilai_3;
                        UAS=nilai_4;
                        System.out.println ("Nilai sudah diset!");      
            } //method
           
            public double hitung_nilai()
            {
                        double nilai = 0.1 * absen + 0.2 * tugas + 0.35 * UTS + 0.35 * UAS;
                        return nilai;
            } //method
           
  public static void main(String[] args)
  {
    mahasiswa mhs; // deklarasi variabel tipe class
   
    mhs = new mahasiswa(17117245,"Akagami"); //pembuatan object mhs1
   
    mahasiswa mhs2 = new mahasiswa(17117234,"Trafalgar");
   
    mhs.set_nilai(79,80,67.5,89.7); //operator dot
    double point1 = mhs.hitung_nilai();
    System.out.println ("Nilai "+mhs.nama+" adalah "+point1);
   
    mhs2.set_nilai(77,95,91.8,69.5);
    double point2 = mhs2.hitung_nilai();
    System.out.println ("Nilai "+mhs2.nama+" adalah "+point2);
  }
}


OUTPUT:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PTSC 2.4

TUGAS INOVASI SI 3.3

TUGAS PTSC 1.3