TUGAS INOVASI SI 4.3


Kelebihan dan kekurangan Transportasi Online (Grabbike & Gojek) di Indonesia



Pada saat ini angkutan umum memiliki peranan penting dalam pembangunan perekonomian, karena berkaitan dengan distribusi barang, jasa, dan tenaga kerja, serta merupakan inti dari pergerakan ekonomi di kota.

Semakin pesatnya teknologi di zaman ini yaitu internet, memungkinkan kita mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Contohnya adalah ojek dan taksi online. Kini, di Indonesia, terdapat sebuah layanan ojek dan taksi online yang memungkinkan calon penumpang tidak perlu datang ke sebuah pangkalan ojek atau berdiri di tepi jalan yang panas untuk menunggu taksi. Calon penumpang cukup memesan ojek atau taksi dari sebuah aplikasi di smartphone, dan transportasi tersebut akan datang menjemput.

Grab
Grab yang sebelumnya disebut sebagai GrabTaxi merupakan perusahaan asal Negeri Jiran yang melayani aplikasi penyedia transportasi dan tersedia di enam negara di Asia Tenggara, termasuk Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Indonesia dan Filipina. Grab memiliki visi untuk merevolusi industri pertaksian Asia Tenggara, sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna di seluruh Asia Tenggara. Saat bulan Maret 2015 lalu, jumlah pengguna Grab telah mencapai 3,8 juta pengguna. Grab juga telah tersedia untuk sistem operasi Android, iOS, dan BlackBerry.Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti sepeda motor, mobil dan taksi serta pengiriman barang, pembelian makanan, dan penyewaan mobil. Grab saat ini tersedia di 63 kota dari banyaknya kota yang tersebar di Indonesia.

Kelebihan Grab:
- Aplikasi Grab jarang error
-Semua supir memakai seragam sehingga mudah dikenali
-Jasa Grab Car cukup banyak, jadi Anda tidak perlu menunggu lama
-Tarif atau ongkos sudah ditetapkan alias fixed price

Kekurangan Grab:
-Driver tidak sebanyak Gojek
-Jika Anda memiliki keluhan, responnya tidak begitu cepat.


Gojek

Gojek adalah perusahaan teknologi dari Indonesia yang melayani transportasi melalui layanan ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Layanan Gojek ini juga sudah tersedia di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek, Bali, Bandung, Medan, Palembang, Surabaya, Semarang, Solo, Malang, Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, Manado, Bandar Lampung, Padang, Pekanbaru dan Batam. Terhitung sejak Juni 2016, aplikasi Gojek telah diunduh lebih 10 juta kali di Google Play Store di sistem operasi Android. Saat ini, Gojek juga tersedia untuk iOS, di App Store.

Kelebihan Gojek:
- Asli buatan indonesia
- Proses pemesanan cepat, bahkan hanya hitungan detik
- Jenis layanan bervariasi dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda
- Jika ada keluhan lewat Twitter atau email, admin Gojek siap merespon
- Berpihak penuh pada customer
- Driver Gojek menjamur, jadi Anda tidak perlu menunggu lama setelah memesan
- Jika kita malas menggunakan uang tunai, bisa menggunakan Go-Cash!
- Tarif sudah fixed price alias tidak berubah tetap


Kekurangan Gojek:
-Server Gojek sering error. Jika memasuki jam sibuk, sistem aplikasi sering kali down dan kita bisa menunggu lama saat memesan
-Untuk masalah kedisiplinan, driver Gojek kerap tidak memakai seragam, jadi kita sering bingung


referensi :
aprilliyantileina.blogspot.com/2016/11/analisis-kelebihan-dan-kekurangan.html
http://hallobro.com/kelebihan-dan-kekurangan-sekaligus-tarif-dari-gojek-grab-dan-uber/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PTSC 2.4

TUGAS INOVASI SI 3.3

TUGAS PTSC 1.3