TUGAS INOVASI SI 4.2

4.2 Perbandingan Transportasi Online di Indonesia


Salah satu keunggulan transportasi berbasis layanan online yang tersedia saat ini ialah tarifnya lebih miring dari transportasi konvensional seperti taksi atau ojek pangkalan. Namun konsumen sering lupa membandingkan tarif antar transportasi online sendiri.
Sejak Uber Indonesia diakuisisi Grab, kini pemain transportasi online di Indonesia tersisa Gojek dan Grab. Dua pemain ini melayani transportasi roda dua dan roda empat di kota-kota besar di Indonesia.
Dari kedua pemain itu, tarif mana yang lebih murah? Apakah tarif GoJek, atau tarif Grab? Sebaiknya kita langsung bandingkan. Khususnya pada layanan transportasi roda dua dan roda empat untuk layanan pengantaran penumpang, yakni GrabBike dan GrabCar dengan GoRide dan GoFood. Bukan layanan tambahan seperti GoFood atau GrabFood.
Namun, tahukah Anda bahwa Gojek dan Grab memiliki beberapa perbedaan? Ya, meskipun keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang sama, namun dari segi pembayaran, fitur, dan juga layanannya pun ada perbedaan. Maka dari itulah kali ini Carisinyal akan memaparkan beberapa perbedaan Gojek dan Grab yang perlu Anda ketahui. Penasaran? Berikut simak terus ulasannya di Carisinyal ya.

4 Macam Perbedaan Gojek dan Grab

1.Perbedaan Pada Tarif

Perbedaan tarif adalah menjadi salah satu hal yang cukup menarik untuk dibahas antara Gojek dan juga Grab. Untuk perbedaan tarif sendiri sebenarnya tidak terlalu signifikan atau memiliki perbedaan yang terlalu menonjol. Berikut Carisinyal memaparkan perbedaan Gojek dan Grab berdasarkan tariff / biaya.

Tarif Gojek
Seperti yang telah dipaparkan pada paragraf sebelumnya, meskipun terlihat sama namun baik Gojek maupun Grab memiliki tarif yang berbeda lho. Dilansir berdasarkan informasi Tekno Kompas bahwa Gojek memiliki tarif dasar sebesar 12.000 rupiah untuk`perjalanan     1-10KM.
Nah, jika kita melakukan perjalanan 11-15KM maka Gojek mematok tarif sebesar 15.000 rupiah. Namun, jika kita melakukan perjalanan lebih dari 15KM, maka Gojek akan menambahkan biaya 2.000 rupiah untuk tambahan per satu kilometernya.
Tarif tersebut berlaku pada jam-jam biasa dan bukan jam sibuk. Jika pada saat jam sibuk (rush hour) maka ada biaya yang berbeda. Untuk di jam sibuk, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar 5.000 rupiah. Artinya, Anda akan membayar tarif lebih mahal jika dibandingkan dengan Anda menggunakan Gojek di jam-jam biasanya. 

Tarif Grab

Nah, selanjutnya adalah Grab Bike. Layanan Grab Bike ini mematok tarif berdasarkan jarak tempuh. Untuk tarif per kilometer Grab Bike sendiri yakni 1.500 rupiah. Namun, Grab Bike juga menentukan tarif minimum yang harus dibayar yakni Rp 10.000. Misalnya, Anda memiliki jarak tempuh hanya 5 kilometer, maka 5 X 1.500 = 7.500. Namun Anda tidak akan membayar 7.500 melainkan harus membayar 10.000 rupiah. Sebab, Grab Bike mematok tarif minimum sebesar 10.000 rupiah. Jadi, jika perjalanan Anda memiliki jarak tempuh di bawah 10.000 rupiah, maka Anda akan tetap membayar sesuai dengan tarif minimum yakni Rp 10.000. 
Namun, jika Anda melakukan perjalanan dengan tarif lebih dari 10.000 rupiah maka penggunanya akan membayar sesuai jarak yang ditempuh. Misalnya, Anda melakukan perjalanan 9 kilometer maka 9 X 1.500 = 13.500 rupiah.
Untuk Grab Bike sendiri juga sama seperti Gojek yakni memberikan harga yang berbeda di jam-jam tertentu. Pengguna Grab Bike harus membayar tarif tambahan sebesar 5.000 rupiah di hari Senin sampai Jumat pada jam 06.00 – 09.00 dan jam 16.00–19.00(rush     hour).

2.Perbedaan Pada   Jenis  Layanan
Selain memiliki tarif yang berbeda, ternyata Gojek dan juga Grab juga memiliki jenis layanan yang berbeda. Mungkin bagi Anda pengguna aktif Gojek atau Grab sudah mengetahui beberapa perbedaannya. Nah, berikut akan Kami ulas beberapa perbedaan Gojek dan Grab dalam hal layanannya.

Jenis  Layanan~Gojek
Sampai saat ini Gojek sendiri bukan hanya menyediakan layanan transportasi online saja. Pasalnya, Gojek telah memiliki sekitar 17 jenis layanan yang akan memudahkan penggunanya. Selain Gojek dan Go-car, pada aplikasi Gojek juga terdapatjenis    layanan    lainnya. 

Layanan yang ada pada aplikasi Gojek sangat bervariasi yakni berupa Go-Bluebird, Go-Food, Go-Send, Go-Pulsam Go-Bills, Go-Shop, Go-Mart, Go-Tix, Go-Box, Go-Massage, Go-Clean, Go-Glam, Go-Auto, Go-Med, dan Go-Busway. Dengan semua jenis layanan tersebut, pengguna akan lebih dimanjakan dalam berbelanja, memesan tiket, sampai memperbaiki mobil. Untuk cara menggunakan aplikasi Gojek pun cukup mudah. Namun sayangnya semua layanan tersebut belum bisa dinikmati di semua kota. Hanya beberapa kota saja yang sudah bisa menikmati semua jenis layanan  dari  Gojek  tersebut.

Jenis  Layanan~Grab
Memang Grab tidak memiliki layanan selengkap Gojek. Meskipun begitu, Grab juga memiliki beberapa layanan dan fasilitas yang bisa dinikmati oleh para penggunanya. Untuk saat ini, Grab sudah memiliki 3 layanan utama yang siap memudahkan segala jenis aktivitas pengguna Grab. Ketiga jenis layanan tersebut dikategorikan sebagai Transport, Food, dan Delivery. Untuk jenis layanan transport, grab membaginya ke dalam empat fasilitas yakni GrabBike, GrabTaxi, GrabHitch (Nebeng) Car, dan GrabHitch      (Nebeng)       Bike.

Namun untuk fasilitas (Nebeng) mungkin baru tersedia di beberapa kota saja. Begitupun juga dengan layanan Food dan juga Delivery yang hanya avail di beberapa kota saja. Akan tetapi secara keseluruhan Grab juga adalah sebuah aplikasi yang mudah digunakan, klik di sini untuk baca artikel cara menggunakan Grab.

3. Perbedaan Pada Fiturnya

Perbedaan Gojek dan Grab tidak berhenti sampai jenis layanannya saja. Kedua aplikasi transpotasi online tersebut juga memiliki fitur yang berbeda. Namun, keduanya sama-sama bisa digunakan secara mudah dan tidak ribet. Berikut ulasan perbedaan pada   fitur     Gojek  dan Grab.

Fitur Gojek

Jika Anda memasuki aplikasi Gojek, maka Anda akan disuguhkan oleh 4 menu utama yakni Home, History, Help, dan My Account. Pada menu Home, Anda bisa memilih jenis layanan yang ada pada Gojek. Tidak hanya itu saja, menu Home ini juga akan menunjukan saldo Go-Pay dan juga Go-Points Anda. Sedangkan pada menu History adalah fitur dimana Anda bisa melihat progress perjalanan atau pemesanan layanan Gojek. Di dalam menu History terdapat dua fitur yakni In-Progress yang artinya layanan Gojek yang Anda pilih belum selesai. Dan yang kedua adalah completed yang artinya semua layanan Gojek Anda sudah selesai Pada menu Help terdapat informasi mengenai semua layanan yang ada pada Gojek. Sedangkan pada menu My Account menjelaskan mengenai akun Gojek Anda.


Fitur Grab
Perbedaan fitur yang ada pada Grab tidak jauh dengan fitur yang ada pada Gojek. Pada aplikasi Grab juga memiliki fitur untuk membayar layanan Grab menggunakan Grab-Pay dan juga Cash. Juga, Grab memiliki fitur history untuk melihat layanan yang sudah Anda pesan. Uniknya, Grab memiliki sebuah fitur booking. Fitur tersebut dapat digunakan oleh konsumen untuk melakukan booking baik untuk GrabBike atau GrabCar. Jadi, dengan fitur booking, Anda bisa memesan transportasi online untuk Anda gunakan di lain waktu. Tak hanya itu saja, Grab juga memiliki fitur points dimana dapat digunakan untuk voucher atau diskon lainnya. Nah itulah 4 perbedaan Gojek dan Grab yang telah dibahas oleh Carisinyal. Baik Gojek dan Grab memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Tergantung dari diri kita sendiri yang mana mau kita gunakan.

referensi :
https://carisinyal.com/perbedaan-gojek-dan-grab/
https://www.halomoney.co.id/blog/mana-lebih-murah-gojek-grab-uber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PTSC 2.4

TUGAS INOVASI SI 3.3

TUGAS PTSC 1.3