TUGAS ISD 5 : Pembinaan dan Pengembangan generasi muda
Rumusan pertanyaan & Pernyataan :
Bagaimana menurut anda tentang perbedaan dua
pengertian pokok dalam hal Pembinaan & Pengembangan Generasi Pemuda :
1. Generasi Pemuda sebagai Subjek pembinaan dan
pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal-bekal & kemampuan
serta landasan untuk dapat mandiri & memiliki potensi ?
2. Generasi Pemuda sebagai Objek pembinaan dan
pengembangan adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan
pengembangan ke arah pertumbuhan potensi ?
jelaskan dan berikan contohnya...
pembahasan :
pembahasan :
Sebelum
itu, apa yang dimaksud dengan pemuda?
Pemuda adalah
golongan manusia-manusia muda yang sangat masih memerlukan pembinaan dan
pengembangan kearah yang lebih maju, agar dapat melanjutkan dan mengisi
pembangunan yang sedang berlangsung, dewasa ini para pemuda di Indonesia sangat
beraneka ragam dimana ada yang mengikuti trend kekinia positif
serta ada yang mengikuti trend kekinian negatif.
serta ada yang mengikuti trend kekinian negatif.
Generasi muda
merupakan penerus perjuangan bangsa, sebagai SDM dan insan pembangunan nasional
, untuk itu generasi muda pelu mendapatkan perhatian khusus dan kesempatan yang
seluas-luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara semestinya (tentunya kearah yang lebih
baik dan positif. Tapi selama ini banyak generasi muda yang “terjerembat” dalam
permasalahan sosial. Seperti kenakalan remaja, narkotika, mencoba minuman
keras, pergaulan bebas dan lainnya, yang disebabkan oleh faktor internal dan
eksternal (lingkungan & teman). Oleh karena itu perlu adanya upaya, program
dan kegiatan yang secara kontinyu dan konsisten yang melibatkan keluarg,
lingkungan, lembaga pendidikan, organisasai pemuda dalam pembangunan sosial.
Contohnya KNPI, Pramuka, Karang Taruna, OSIS, BEM, rohis dll.
Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berlandaskan :
1. Landasan
idiil
: Pancasila
2. Landasan
konstitusional :
Undang-Undang Dasar 1945
3. Landasan
strategi : Garis-garis Besar Haluan Negara
4. Landasan
historis : Sumpah P muda tahun 1928
dan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945
5. Landasan
normatif : Etika, tata nilai, dan tradisi luhur yang hidup dalam masyarakat
Motivasi asas pembinaan dan pembangunan generasi muda
bertumpu pada strategi pencapaian tujuan nasional, seperti disebutkan dalam
Pembukaan UUD 1945 alinea IV.
Atas dasar kenyataan ini, diperlukan penataan
kehidupan generasi muda sehingga mereka mampu memainkan peranan yang penting
dalam masa depan sekalipun didasari bahwa masa depan tersebut tidak berdiri
sendiri. Dalam hal ini, pembinaan dan pengembangan generasi muda haruslah
menanamkan motivasi kehidupan terhadap masa datang sebagai bagian mutlak masa
kini. Kepekaan terhadap masa datang membutuhkan kepekaan terhadap
situasi-situasi ligkungan untuk merelevansikan partisipannya dalam setiap
kegiatan bangsa dan Negara. Untuk itu, kualitas kesejahteraan yang membawa
nilai-nilai dasar bangsa merupakan factor penentu yang mewarnai pembinaan
generasi muda dan bangsa dalam memasuki masa datang.
Tanpa ikut serta generasi muda, tujuan pembangunan ini
sulit tercapai. Hal ini bukan saja karena pemuda merupakan lapisan masyarakat
yang cukup besar, tetapi tanpa kegairahan dan kreativitas mereka, pembangunan
jangka panjang dapat kehilangan keseimbangannya.
Apabila generasi masa sekarang terpisah dari persoalan
masyarakatnya, sulit terwujud pemimpin masa datang yang dapat memimpin
bangsanya sendiri. Dalam hal ini, pembinaan dan pengembangan generasi muda
menyangkut dua pengertian pokok, yaitu :
Dalam hal ini, pembinaan dan pengembangan generasi
muda menyangkut dua pengertian pokok, yaitu :
·
Generasi muda sebagai subjek pembinaan dan
pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal dan kemampuan serta
landasan untuk mandiri dan ketrlibatannya pun secara fungsional bersama
potensi lainnya guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa.
·
Generasi muda sebagai objek pembinaan dan pengembangan
adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kea rah
pertumbuhan potensi dan kemampuan ketingkat yang optimal dan belum dapat
bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional.
Generasi muda adalah The leader of tomorrow. Maka dari
itu ditangan pemudalah nasib sebuah bangsa dipertaruhkan. Jika pemudanya
memiliki semangat dan kemampuan untuk membangun bangsa dan negaranya, maka sesungguhnya semuanya itu akan kembali
kepadanya.
referensi : https://nabillanurfadliana.wordpress.com/2015/11/17/perkembangan-generasi-muda-dan-permasalahannya-saat-ini/
referensi : https://nabillanurfadliana.wordpress.com/2015/11/17/perkembangan-generasi-muda-dan-permasalahannya-saat-ini/
Komentar
Posting Komentar