TUGAS ISD 5 : Pembinaan dan Pengembangan generasi muda

Rumusan pertanyaan & Pernyataan :


Bagaimana menurut anda tentang perbedaan dua pengertian pokok dalam hal Pembinaan & Pengembangan Generasi Pemuda :

1. Generasi Pemuda sebagai Subjek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal-bekal & kemampuan serta landasan untuk dapat mandiri & memiliki potensi ?

2. Generasi Pemuda sebagai Objek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah pertumbuhan potensi ?

jelaskan dan berikan contohnya...


pembahasan :


Sebelum itu, apa yang dimaksud dengan pemuda?
Pemuda adalah golongan manusia-manusia muda yang sangat masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih maju, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang sedang berlangsung, dewasa ini para pemuda di Indonesia sangat beraneka ragam dimana ada yang mengikuti trend  kekinia positif
serta ada yang mengikuti trend kekinian negatif.

Generasi muda merupakan penerus perjuangan bangsa, sebagai SDM dan insan pembangunan nasional , untuk itu generasi muda pelu mendapatkan perhatian khusus dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat tumbuh dan berkembang  secara semestinya (tentunya kearah yang lebih baik dan positif. Tapi selama ini banyak generasi muda yang “terjerembat” dalam permasalahan sosial. Seperti kenakalan remaja, narkotika, mencoba minuman keras, pergaulan bebas dan lainnya, yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal (lingkungan & teman). Oleh karena itu perlu adanya upaya, program dan kegiatan yang secara kontinyu dan konsisten yang melibatkan keluarg, lingkungan, lembaga pendidikan, organisasai pemuda dalam pembangunan sosial. Contohnya KNPI, Pramuka, Karang Taruna, OSIS, BEM, rohis dll.

Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berlandaskan :
1.    Landasan idiil                          : Pancasila
2.    Landasan konstitusional           : Undang-Undang Dasar 1945
3.    Landasan strategi                    : Garis-garis Besar Haluan Negara
4.  Landasan historis          : Sumpah P  muda tahun 1928 dan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945
5.    Landasan normatif                 : Etika, tata nilai, dan tradisi luhur yang hidup dalam masyarakat
Motivasi asas pembinaan dan pembangunan generasi muda bertumpu pada strategi pencapaian tujuan nasional, seperti disebutkan dalam Pembukaan UUD 1945 alinea IV.
Atas dasar kenyataan ini, diperlukan penataan kehidupan generasi muda sehingga mereka mampu memainkan peranan yang penting dalam masa depan sekalipun didasari bahwa masa depan tersebut tidak berdiri sendiri. Dalam hal ini, pembinaan dan pengembangan generasi muda haruslah menanamkan motivasi kehidupan terhadap masa datang sebagai bagian mutlak masa kini. Kepekaan terhadap masa datang membutuhkan kepekaan terhadap situasi-situasi ligkungan untuk merelevansikan partisipannya dalam setiap kegiatan bangsa dan Negara. Untuk itu, kualitas kesejahteraan yang membawa nilai-nilai dasar bangsa merupakan factor penentu yang mewarnai pembinaan generasi muda dan bangsa dalam memasuki masa datang.
Tanpa ikut serta generasi muda, tujuan pembangunan ini sulit tercapai. Hal ini bukan saja karena pemuda merupakan lapisan masyarakat yang cukup besar, tetapi tanpa kegairahan dan kreativitas mereka, pembangunan jangka panjang dapat kehilangan keseimbangannya.
Apabila generasi masa sekarang terpisah dari persoalan masyarakatnya, sulit terwujud pemimpin masa datang yang dapat memimpin bangsanya sendiri. Dalam hal ini, pembinaan dan pengembangan generasi muda menyangkut dua pengertian pokok, yaitu :

Dalam hal ini, pembinaan dan pengembangan generasi muda menyangkut dua pengertian pokok, yaitu :

·         Generasi muda sebagai subjek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang telah memiliki bekal dan kemampuan serta landasan untuk  mandiri dan ketrlibatannya pun secara fungsional bersama potensi lainnya guna menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa.

·         Generasi muda sebagai objek pembinaan dan pengembangan adalah mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kea rah pertumbuhan potensi dan kemampuan ketingkat yang optimal dan belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional.


Generasi muda adalah The leader of tomorrow. Maka dari itu ditangan pemudalah nasib sebuah bangsa dipertaruhkan. Jika pemudanya memiliki semangat dan kemampuan untuk membangun bangsa dan negaranya, maka  sesungguhnya semuanya itu akan kembali kepadanya.

referensi : https://nabillanurfadliana.wordpress.com/2015/11/17/perkembangan-generasi-muda-dan-permasalahannya-saat-ini/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK KE - 2

TUGAS MANAJEMEN LAYANAN SI 2.1

TUGAS ISD 10 : PRASANGKA, DISKRIMINASI & ETNOSENTRISME